Peran Kalsium bagi Ibu Hamil

by - Oktober 23, 2019


Saat hamil, kebutuhan nutrisi seorang wanita akan meningkat drastis. Apalagi saat dalam kondisi hamil ini akan ada beberapa macam keadaan dimana seorang wanita akan mengalami beberapa gangguan kondisi. Salah satunya adalah sembelit. Jika anda sudah mulai mengalami sembelit pada masa kehamilan anda maka anda bisa secara langsung berkonsultasi pada dokter anda. 

Sekedar info anda juga bisa mencari tahu obat sembelit pada https://www.goapotik.com/promo/obat-diare-anak-dan-dewasa-dan-obat-sembelit-dan-susah-buang-air-besar. Namun tentu saja hal yang paling harus anda dahulukan adalah dengan berkonsultasi pada dokter kepercayaan anda. Beragam kebutuhan nutrisi pada saat hamil tidak hanya mengenai karbohidrat dan protein. 

Fungsi Kalsium Bagi Ibu Hamil

Ada nutrisi yang dianggap sangat penting untuk ibu hamil namun dalam kenyataannya seringkali dilalaikan oleh para ibu hamil. Nutrisi ini tak lain dan tak bukan adalah kalsium. Kalsium ternyata memegang peran yang sangat penting bagi kesehatan ibu yang sedang hamil. Tidak hanya penting bagi tubuh si ibu, kalsium ini juga sangat dibutuhkan oleh si jabang bayi. 

Namun sayang sekali banyak dari ibu hamil ini yang melalaikan pentingnya asupan kalsium selama kehamilan. Maka sebagai calon ibu yang baik anda perlu tahu apa saja fungsi dari kalsium untuk ibu hamil ini. Sehingga anda tidak lalai dalam mengkonsumsi kalsium selama kehamilan. Di bawah ini beberapa fungsi penting kalsium selama masa kehamilan :

  1. Membantu memperkuat tulang si ibu selama kehamilan. Seorang wanita yang sedang hamil tentu akan membutuhkan kekuatan atau energi yang lebih dari biasanya. Bagaimana tidak, selama 9 bulan lamanya seorang wanita hamil harus membawa beban bayi dalam perutnya kemanapun ia pergi. Hal ini tentu dibutuhkan tenaga yang ekstra termasuk kekuatan tulang. Dalam hal ini asupan kalsium tentu sangat dibutuhkan. Apalagi memang nutrisi kalsium memiliki peran yang sangat penting bagi tulang. 
  2. Membantu tumbuh kembang tulang si jabang bayi. Pada saat dalam kandungan, janin akan selalu tumbuh dan berkembang. Begitu pula dengan susunan tulang dalam tubuhnya. Tidak heran jika kalsium menjadi kebutuhan yang penting bagi si jabang bayi. Dan tentu saja kalsium yang diserap oleh bayi adalah berasal dari kalsium yang dikonsumsi oleh si ibu. 
  3. Membantu pertumbuhan gigi bayi dalam kandungan. Saat bayi lahir, memang tulang giginya belum tumbuh. Namun dengan asupan kalsium yang banyak dan tercukupi maka otot-otot dan saraf yang mempengaruhi pertumbuhan gigi pun akan semakin kuat dan membaik. Sehingga saat bayi terlahir, gigi bisa tumbuh dengan sehat. 

Dengan penjelasan akan peran penting dari asupan kalsium tersebut maka kini jika anda sedang dalam masa kehamilan anda tidak boleh lalai dalam mengkonsumsi kalsium.

You May Also Like

0 komentar